DKI Siapkan 1.500 Liang Lahat Khusus Covid Di TPU Rorotan

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 1.500 liang lahat khusus jenazah covid-19 di TPU Rororan, Jakarta Utara.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan telah menyiapkan 1.500 liang lahat khusus jenazah covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara.

Hal ini merupakan upaya pemerintah provinsi DKI mengatasi kekurangan lahan pemakaman akibat jumlah jenazah covid-19 yang melonjak.

"Prinsipnya kita akan menyiapkan kurang lebih 1.500 di tahap satu dan itu dalam waktu dekat ini sudah siap," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (20/1).

Meski begitu, Riza menyebut pihaknya saat ini masih memprioritaskan sejumlah TPU lain untuk pemakaman jenazah covid-19 seperti TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

"Di Srengseng, di Tanah Kusir, di tempat lain nanti baru kita coba masuk ke Rorotan," kata dia.

Di sisi lain, kapasitas TPU Srengseng Sawah hampir mencapai batas maksimum. Kapasitas liang lahat di TPU itu disebut hanya tersisa ratusan dan dipastikan akan penuh beberapa hari lagi.

Dari 541 liang lahat yang disediakan, 402 di antaranya telah terisi.

Sementara TPU Pondok Ranggon yang selama ini juga digunakan untuk memakamkan jenazah covid-19 juga telah penuh sejak November 2020. TPU Pondok Ranggon hanya melayani makam tumpang.

Kasus positif covid-19 di DKI diketahui terus melonjak. DKI mencatat rekor tertinggi penambahan kasus positif covid-19 pada Rabu (20/1) mencapai 3.786 kasus. Jumlah itu melewati rekor sebelumnya pada Sabtu (16/1), sebanyak 3.536 kasus.

Pemprov DKI juga saat ini tengah mengikuti aturan baru yang ditetapkan pemerintah pusat yakni Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali untuk mencegah tingkat penularan yang semakin tinggi.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama