India Jadi Negara Kedua Yang Ekspor Jimny Selain Jepang

Maruti Suzuki di India dilaporkan mengekspor Jimny tiga pintu dan akan menjual versi lima pintu untuk konsumen lokal.

Maruti Suzuki, anak perusahaan Suzuki Motor Corporation di India, telah meresmikan ekspor perdana Jimny produksi lokal pada Rabu (20/1). Ekspor ini dilakukan meski Jimny belum dijual di India.

Menurut keterangan resmi Maruti Suzuki ada 184 unit Jimny yang diekspor pada pengiriman pertama dari pelabuhan Mundra ke negara Amerika latin seperti Kolombia dan Peru. Selain negara ini ekspor disebutkan juga mengarah ke negara-negara di Timur Tengah dan Afrika.

"Jimny yang diproduksi di pabrik Maruti Suzuki di Gurugram memiliki spesifikasi yang sama dengan model ekspor produksi Suzuki Motor Corporation di pabrik Kosai, Jepang," jelas Managing Director & CEO Maruti Suzuki Kenichi Ayukawa di keterangan resmi.

Menurut Autocar India, Maruti Suzuki memproduksi Jimny versi tiga pintu untuk pasar ekspor dan versi lima pintu buat India. Konsumen India dikatakan bakal mendapatkan Jimny lima pintu enam bulan setelah ekspor dilakukan.

Berdasarkan informasi sumber Autocar India, Maruti Suzuki saat ini masih menyiapkan Jimny lima pintu. Atas alasan mobil ini hanya dijual di India, panjangnya disebut di bawah 4 meter.

Sebagai catatan Jimny tiga pintu yang diekspor memiliki panjang 3,64 meter, lebar 1,64 meter, dan tinggi 1,7 meter. Versi ini dibekali mesin bensin 1.500 cc.

Sebelum diproduksi di India, generasi baru Jimny yang lahir pada 2018 hanya diproduksi di Jepang. Saat cuma punya satu sumber produksi Suzuki bermasalah menyuplai permintaan Jimny yang membeludak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Selain India, Indonesia sempat disebut sebagai salah satu negara yang akan memproduksi Jimny namun sejauh ini belum ada pernyataan resmi. Suzuki Indomobil Sales (SIS) sempat menyatakan pembicaraan rencana investasi terkait produksi Jimny di Tanah Air sempat terkendala pandemi.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama