Sempat Diprediksi Bakal Mati, Bisnis PC Melonjak Saat Pandemi

PC sudah diprediksi bakal mati sejak 10 tahun lalu, namun kini menunjukkan peningkatan distribusi global semasa pandemi Covid-19.

Bisnis PC (personal computer) yang lesu kian merangkak naik pada saat Pandemi Covid-19 ini. PC yang diprediksi akan mati sejak 10 tahun lalu kini mengalami pertumbuhan besar pertamanya dalam satu dekade.

Melansir The Verge, perusahaan riset Canalys mencatat pengiriman PC mencapai 297 juta unit pada 2020, naik 11 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara perusahaan riset lainnya, International Data Corporation (IDC), juga mengklaim terdapat peningkatan distribusi PC sebesar 13,1 persen menjadi 302 unit dibanding 2019.

Pengiriman PC meningkat berkat pandemi virus Covid-19 yang masih berlangsung. Kendala distribusi akibat karantina wilayah mempersulit pembelian laptop baru di pertengahan tahun, tetapi permintaan terus berlanjut sepanjang 2020.

"Permintaan mendorong pasar PC maju dan semua tanda lonjakan ini masih ada jalan terus berlanjut, " kata Ryan Reith dari IDC.

Permintaan tinggi ini didorong juga aktivitas bekerja di rumah dan pembelajaran jarak jauh, yang membuat orang beralih ke PC dan laptop untuk bekerja dan menghibur diri.

Ada tanda-tanda lain sepanjang 2020 yang menyatakan pengiriman PC melonjak. Microsoft menyatakan "PC sudah kembali" pada awal pandemi, dan perusahaan itu juga melihat lonjakan besar penggunaan Windows, setelah melaporkan 1 miliar pengguna Windows 10.

Microsoft juga telah menyesuaikan harga paket Windows 10X buat mengikuti tingginya permintaan karena pandemi.

Microsoft 10X awalnya diluncurkan untuk perangkat layar ganda, namun Microsoft sekarang berencana meluncurkan varian OS pada perangkat laptop layar tunggal lebih dahulu.

TV

Tidak hanya PC dan laptop saja, penjualan televisi secara global diperkirakan akan menyentuh 223 juta TV pada 2021. Melansir Techradar, jumlah ini naik 2,8 persen lebih banyak dari pengiriman yang dilakukan tahun lalu.

Masih adanya pandemi Covid-19 dan beberapa gelaran olahraga seperti Olimpiade Tokyo serta kejuaraan UEFA akan memacu pertumbuhan penjualan di tahun ini.

Laporan TrendForce mengatakan pada 2020 menjadi titik awal tingginya permintaan televisi 65 inch. Peningkatan ini terjadi di 5 merk TV teratas hingga melampaui 60 persen.

Paruh kedua tahun lalu juga menunjukkan pertumbuhan sebesar 47,8 persen dalam penjualan panel TV 65 inci ke atas.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama